Labels

Senin, 22 Oktober 2012

PLC (Power Line Communication)


Power Line Communication adalah cara untuk mentransmisikan data dengan memanfaatkan jaringan listrik yang sudah ada. Jalur listrik merupakan hal yang sangat umum dan sangat mudah ditemukan. Hampir setiap ruangan di sebuah rumah menyediakan stop kontak, bahkan beberapa di antaranya menyediakan lebih dari satu stop kontak. Berbekal kenyataan ini, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa komunikasi via jalur listrik ini sangatlah mudah dilakukan karena infrastrukturnya sudah ada.

Proses pemasangan PLC ini sangatlah mudah dan cukup murah karena infrastruktur jalur listrik dan stop kontak sudah pasti ada di setiap rumah. Anda hanya perlu membeli PLC adapter yang sudah mulai banyak dijual dengan harga terjangkau. PLC adapter ini bentuknya cukup praktis, kira-kira seperti adaptor pada umumnya. PLC adapter ini dipasang pada stop kontak listrik biasa. PLC adapter ini memiliki keluaran Ethernet yang harus dikoneksikan ke perangkat jaringan yang ingin terkoneksi, misalnya Ethernet di notebook, PC ataupun perangkat jaringan lainnya. Jadi, dengan adanya Power Line Communication, semua stop kontak yang ada di rumah kita akan bisa digunakan untuk akes internet. 
Power Line Communication tidak hanya bisa digunakan untuk akses internet, tapi juga digunakan sebagai perangkat komunikasi suara (VoIP), transmisi video (video on demand), ataupun bentuk-bentuk lain, termasuk telepon dan pembacaan listrik untuk informasi tagihan listrik. Selain itu, Power Line Communication dapat merealisasikan ide “Rumah Cerdas” (Smart Homes System), yaitu kemampuan komunikasi dan otomasi alat-alat rumah tangga di rumah yang sudah terkomputerisasi (smart appliances) seperti televisi, lemari es, pemanas ruangan, alat musik, alarm kebakaran, dan surveillance system. Dalam Smart Homes System, setiap perangkat elektronik dalam rumah akan mempunyai alamat IP masing-masing pada Powerline Network kita. Kita dapat mengakses berbagai perabotan rumah tangga menggunakan alamat IP tersebut sama seperti kita dapat mengirim sebuah pesan dari sebuah komputer ke komputer lainnya.
Di Indonesia, teknologi PLC diperkenalkan oleh anak perusahaan PLN, Icon+, yang sengaja didirikan untuk komersialisasi aset-aset PLN di bidang bisnis telekomunikasi dan informatika, mengingat jaringan listrik yang dimiliki PLN sangat potensial. PT PLN juga bekerja sama dengan pihak swasta, yaitu antara PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY dengan PT. Power Telecomm (PowerTel).
Pengaturan pengelolaan PLC diatur dalam UU Telekomunikasi No. 36 tentang Deregulasi Sektor Telekomunikasi. Percobaan teknologi PLC sudah berjalan sejak 2001 di Kompleks Perumahan PLN Duren Tiga dan beberapa hotel dan perkantoran di Jakarta-Bandung. Selama dua tahun percobaan, akses internet lancar, tidak ada keluhan seperti terkena setrum atau membengkaknya biaya listrik bulanan. Kecepatan akses internet berkisar antara 117-121 Kbps

0 komentar:

Posting Komentar